Selasa, 01 Oktober 2019

Writober Day #1 Ayo Mulai Berkarya lagi.


TAHUN AJARAN BARU COBA MULAI YANG BARU






Buat sebagian pengajar, penggunaaan Google classroom pada setiap kelas adalah hal yang sudah biasa. Karena kekuatan teknologi yang diandalkan, maka kegiatan belajar mengajar di kelas menjadi variasi menarik bagi kedua belah pihak; pengajar dan pembelajar. 
Saya yang juga pengajar, tidak mau ketinggalan dengan teknologi yang satu ini. Hanya dalam satu gawai, kita bisa berbuat "sesuka hati kita" dan "memberdayakan teknologi untuk kebaikan". Di sisi lain Kampanye "Zero waste environment" yang saya dapatkan melalui Ibu Professional, menambah alasan saya untuk memulai sesuatu yang baru dan menantang. Inilah fasilitas dari Google yang memberi kesempatan saya untuk memanfaatkan fasilitas dan kreatifitas serta membuat saya bisa menghemat kertas yang juga terus saya serukan ke kelas-kelas dan di depan para mahasiswa baru tentang "paperless".


Ternyata kebaikan yang saya rencanakan sejak peluncuran ide saya di kegiatan Seminar Akademik NEC (National English Centre), pada tanggal 13 Agustus 2019 tentang TUICA (Technology Use in Classroom Activities) memberikan saya jalan untuk mengaplikasikannya dan memulainya di tahun ajaran baru September 2019 -2020. Awalnya membingungkan, karena aplikasi ini baru untuk saya dengan beberapa tantangan kerja yang harus saya taklukan di setiap pekan pembelajaran.

Tantangan-tantangan yang saya selesaikan sampai hari ini adalah sebagai berikut. Saya membuat materi pembelajaran dalam bentuk MS word dan mengkonversinya dalam bentuk PDF.  Penyiapan materi 4 keterampilan berbahasa pun harus disesuaikan dengan permintaan institusi. Berikutnya, saya harus bisa menyediakan kegiatan audio visual untuk setiap pekannya. Tugas tugas yang saya berikan pun harus tepat waktu untuk sampai dan dikerjakan mahasiswa. Terakhir adalah kegiatan mengevaluasi tugas tugas mereka dan memberikan balikan narasi serta nilai. dan mengembalikannya kepada mereka. Yang terberat adalah waktu yang harus tersedia di depan gadget atau PC/laptop untuk mengecek satu persatu tugas yang masuk. Walaupun demikian, saya mendapatkan hal baru yang mengejutkan diri saya. Meja saya kosong dari tumpukan kertas kertas tugas kesatu sampai ke sekian. Rapinya daftar nilai yang saya miliki karena bisa langsung disimpan dalam format excel.


Alhamdulillah, para mahasiswa milenial yang saya dapati di setiap kelas baru semester 1 tidak kaget dengan apa yang saya berlakukan di kelas. Sebagian besar dari mereka sudah mengetahui dan memahami applikasi ini. Mereka pun tidak mengeluh tentang bagaimana cara membuat, mengirim dan mengupdate materi atau tugas, karena mereka membuat kelompok belajar yang salah satu tujuannya adalah membantu kawan dalam teknis pelaksanaan tugas.


Semoga apa yang saya mulai ini bisa memberikan nilai positif untuk keterampilan saya di bidang teknologi juga saya bisa mengajak teman teman pengajar lain untuk menggunakan Google Classroom sebagai fasilitas yang memudahkan tetapi tidak merepotkan.




#Wriitober #RBMIpJakarta
#IbuProfessionalJakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...