Rabu, 02 Oktober 2019

Writober#Day 2 Jajan

Jajan : Menyehatkan atau Mengundang penyakit datang ke tubuh  kita?

 

Jajan buat saya adalah kegiatan mengasyikkan karena saya bisa mengeksplorasi berbagai jenis makanan dan minuman sedang trend. Apalagi saat ini aplikasi yang memberi fasilitas kita suatu kemudahan dengan hanyak meng "klik" kanan mana saja yang diinginkan dan pilih pembayaran yangdiinginkan, jadilah kita menikmati tanpa harus repot datang ke lokasi penjualannya. Tambah lagi, berbagai potongan besar yang bikin kita "nagih" dan kembali jajan. Sampai-sampai kita tidak berfikir apakah tubuh kita akan lebih sehat atau akan menimbun banyak racun dan akhirnya menuai hasil yaitu sakit.

Ada beberapa poin yang bisa saya ambil hikmah dari kondisi di atas. Selain itu, saya pun bisa belajar dari dua teman kerja saya yang bertolak belakang tentang makanan, minuman, dan jajan. Teman yang satu senang "jajan" via aplikasi karena banyaknya tawaran potongan harga. Sementara, teman saya yang satu lagi, dia lebih suka menahan diri untuk memilih jajanan mana yang cocok dengan program diet nya. Keduanya sama sama suka jajan tetapi keduanya memiliki pola pikir yang berbeda tentang membeli makanan dan minuman dalam kontek jajan kekinian. Teman yang satu punya banyak tawaran diskon harga sedangkan yang lainnya karena Diet Keto yang membuat dia selektif untuk membeli jajanan.

Bagaimana dengan saya? Saya memiliki perspektif sendiri tentang jajan dan konsumsi makanan serta minuman yang kita beli. Hikmah yang harus saya aplikasikan saat ini berhubungan dengan faktor ekonomi, kesehatan serta dari sisi agama
.
Saya harus berfikir ulang ketika saya mengeluarkan uang untuk jajan karena sebagai ibu dari empat anak, saya harus mampu mengatur keuangan keluarga. Di sisi lain, saya pun harus teliti melihat bahan jajanan zaman now yang sepertinya enak tetapi apakah itu membuat saya dan anak anak sehat.Dari sisi agama, saya dan anak anak serta suami harus lebih bersyukur karena kami masih bisa menikmati akan 3x sehari ditambah susu dan buah. Seperti yang disampaikan Nabi SAW; "Lihat lah orang yang berada di bawah kamu".

Banyak hal yang bisa disiasati pada saat kita memutuskan untuk membeli makanan dan minuman karena kandungannya yang terkadang kita tidak ketahui, sisi gizi dan kehalalannya.

#Writober #IpJakarta
#IbuProfessionalJakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...