Kamis, 24 Agustus 2017

Bintang Keluarga#5



Bintang Keluarga
Hari ke 5 21 Agustus 2017


Mengasah kemampuan menjelajah potensi anak-anak.
Jelajahi 4 area kehidupannya:
🌟 Ranah hubungan intra personal (konsep diri)
🌟 Ranah hubungan inter personal (hubungan sesama)
🌟 Ranah hubungan dengan change factor (melek perubahan)
🌟 Ranah hubungan dengan Tuhan-nya (melek spiritual)
Padahari kelima ini, saya tertarik memperhatikan anak kedua saya yaitu Ridwan Harits Supiar. Saat ini usianya 7,5 tahun dan ada di kelas 2 SD. Tidak seperti hari- hari yang lain, Malam ini setelah mengerjakan tugas matematika, dan setelah saya bacakan beberapa cerita anak, dia mengambil buku kosong dan meminta izin bila buku tersebut boleh dimilikinya. Saya mengangguk dan tak lama kemudian, dia duduk di beja kecil mengambil peralatan tulis dan mulai membuat sesuatu. Sekilas, dia menggambar beberapa objek benda, dan saya memintanya untuk menceritakan atau menuliskan apa yang dia gambar ke dalam beberapa kata.

Buat saya hasil yang dibuat Harits malam ini luar biasa maknanya. Dia mau menggambar plus menulis benda apa saja yang dibuatnya serta terakhir menuliskan”cerita” versi dia yang sebenarnya adalah rangkaian kata-kata dari hasil menggambarnya. Saya melihatnya sebagai Ranah hubungan intrapersonal, karena dia berusaha sebisa mungkin mengembangkan ide-idenya ke dalam beberapa gambar dan tulisan. Walaupun, kegiatan tersebut harus terus diasah, paling tidak apa yang dikerjakannya menjadi ide pada saya  untuk memberinya rangsangan seperti membacakan cerita-cerita anak dengan intonasi yang dibuat seolah-olah terjadi. Atau suara binatang yang menyerupai manusia ketika mereka berbicara.


#Bintang Keluarga#5
#Semua Anak adalah Bintang
#IIP
#Bunda Sayang
#Diposting oleh Rita Fithra Dewi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...