Kamis, 09 November 2017

ThinkCreative#9day 5

Tantangan Level # 9
Hari # ke 5
Bunda Sayang
November 3 2017




Awalnya, kebiasaan anak anak saya yang mudah banget minta uang buat jajan makanan kecil bikin saya pusing, karena semakin mudah anak mendapatkan yang dia mau semakin sering dia meminta uang. Ini juga yang membuat mereka jadi mengampangkan setiap urusan hanya dengan meminta.
Jadilah saya mencari cara bagaimana anak anak mengetahui betapa susah mendapatkan uang bila tidak berusaha sendiri atau paling tidak mereka mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari cara berdagang. 
Alhasil, Sabtu kemarin saya membuat bubur kacang hijau yang tidak terlalu manis, di bungkus dengan kantong plastik seperti es mambo dan saya minta anak kedua saya mencoba menawarkan ke teman-teman mainnya. Harga yang saya berikan adalah Rp. 1000 rupiah perbuah. perjanjian dengan harits adalah, uang yang dia dapatkan dari hasil penjualan bisa dia ambil. 
Walaupun tidak menargetkan berapa banyak yang harus dia jual, saya berharap dia menyadari bila untuk mendapatkan uang, maka dengan kerja akan ada proses yang harus dilalui sebelum dia dapatkan uangnya. Berbeda dengan ketika dia menegadahkan tangan kepada orangtuannya dan dengan cepat uang itu dia dapatkan. 
Setelah beberapa hari (Ahad, Selasa dan Kamis), uang yang dia dapatkan tidak dikumpulkannya, tetapi dia alokasikan untuk jajannya. Ketika saya tanya,"Udah berapa bungkus es yang terjual Aa?", Gak banyak mah, cuma 6 bungkus (artinya setiap jualan dia hanya bisa menjual dua bungkus). "Jadi gimana  hasilnya, Aa dapat uangnya gampang, atau gak?", "Susah mah dapat uang yang cepet, aku harus nawar-nawarin dulu ke teman- teman, eh ada temen yang maunya minta aja, gak mau beli es aku!". Dari pernyataannya tersebut, paling tidak dia bisa merasakan proses mulai dari mengambil bungkusan es di Freeezer, membawanya keluar rumah, menawarkan "dagangannya" ke sekeliling, dan melalui rintangan dia mendapatkan 2 ribu untuk 2 bungkus es mambonya. Proses ini yang kemudian membuatnya berkesimpulan bahwa untuk mendapatkan uang itu tidak mudah, harus kerja dulu dan hasilnya belum tentu langsung laku semua. Bungkusan-bungkusan es yang ada di kulkas, pada akhirnya lebih banyak dikonsumsi sendiri. 
Kegiatan menjual bisa jadi kreatifitas anak bila dia mau berusaha dan lebih sabar ketikan menawarkannya. Pelajaran ini akan saya lanjutkan, dengan barang jualan lain yang disukai anak anak lain. 

#Tantangan10hari
#Level9
#KuliahBunSayIIP
#ThinkCreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...