Selasa, 20 Februari 2018

ALIRAN RASA#KELUARGAMULTIMEDIA

ALIRAN RASA#KELUARGAMULTIMEDIA
GAME LEVEL12
20 February 2018




 Menapaki setiap aktifitas yang saya jalani di tantangan ke 12 adalah kegiatan kegiatan yang selama ini saya jalani sehari-hari sebagai pengajar bahasa Inggris, karyawan, ibu Rumah tangga juga warga masyarakat yang dapat menikmati multimedia sesuai dengan kebutuhan. Secara sadar atau tidak, saya mendapatkan manfaat banyak dari aplikasi tsb.
Contoh: sebagai pengajar bahasa Inggris yang harus bisa beradaptasi dengan teknologi, memungkinkan saya mengaplikasikan KBM melalui ICT (2010-2011), di mana pengajar akan membagikan module, tugas serta feedback dalam bentuk evaluasi melalui teknologi. Walau agak repot diawal karena harus memahami program yang  menintegrasikan materi, penderasan serta evaluasi melalui satu pintu, tetapi hasil bukti fisiknya diakhir semester dapat lebih terukur.  
Berikutnya, pemberdayaan google document membuat saya mampu mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan di IIP ke dalam tugas mahasiswa. Dengan meminta mahasiswa mengerjakan tugas di google doc, mereka kemudian mengirimnya melalui link yang sebelumnya diringkaskan dulu menggunakan program bitly.com. 

Ilmu kecil yang luar biasa saya dapatkan di kelas Bunda sayang memotivasi saya untuk merambah ke ranah pekerjaan non akademik lain di kantor. Dengan menggunakan link, cabang-cabang lain di luar Jakarta menjadi lebih tertib ketika memesan kelengkapan kelas dalam sebuah link yang dapat dipertanggungjawabkan. 

 Di sisi lain, anak anak di rumah, di arahkan sedikit demi sedikit untuk dapat memanfaatkan teknologi melalui program belajar baik bahasa Inggris (MYOn, Connect, MARBEL) dan tidak melulu bermain games online yang dampak negatifnya buruk sekali terhadap perilaku dan pola pikir mereka. 

Kemudahan teknologi yang saya rasakan seharusnya membuat kami bisa lebih produktif dalam pengaturan waktu. Sekali lagi, saya pribadi merasa lalai karena teknologi, terkadang menjadi malas atau malah tidak disiplin terhadap waktu karena kecanggihan teknologi. 

Di antara dua sisi, kelebihan dan kekurangan teknologi, ada hikmah yang bisa saya ambil bahwa, seharusnya kita menjadi lebih baik, lebih disiplin dan lebih produktif untuk menjadi insan yang lebih baik.

Semoga setiap kita menyadari bahwa adanya kemudahan harus dapat membuahkan efektifitas yang produktif dan memberi manfaat bagi manusia lainnya dalam peran yang kita emban sebagai diri sendiri, anak, Istri, Ibu, pekerja, anggota masyarakat. Semoga Alloh memudahkan langkah langkah kita menuju pribadi yang lebih baik untuk keluarga dan masyarakat. Wallahu 'alam. 



#AliranRasa
#Level12
#KuliahBunSay IIP
#KELUARGAMULTIMEDIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...