Jumat, 02 Februari 2018

KeluargaMultimedia#12 Webinar

Tantangan Level #12
Resume#Keluarga Multimedia
Ibu Septi Wulandani
Bunda Sayang
1 Februari 2018

Sejatinya keberadaan keluarga multimedia merupakan sarana mengeratkan hubungan keluarga dengan kecanggihan teknologi. Ada bebrapa pertanyaan yang dilontarkan ibu Septi pada para penyimak Webinar terkait dengan hubungan keluarga. Apakah kita masih melakukan kegiatan bersama keluarga?, seperti makan bareng, nyemil bareng, ngeteh bareng dan masihkah kita melakukan kegiatan mendongeng kepada anak anak? Atau moment tersebut hanya dilaksanakan ketika mengerjakan tantangan 10 hari mendongeng. Ketika peran kita digantingan oleh teknologi yang bernama TELEVISI, maka yang sebelumnya ibu yang menemani anak anak ketika mereka beraktifitas atau mengerjakan pekerjaan sekolah, maka peran televisi menjadi pengganti ibu ketika mereka tertidur dan televisi yang menjaga mereka. Masalahnya kemudian adalah anak-anak sangat cape ketika mereka bangun pagi, menjadi mudah emosional, marah karena ion elektronnegatif masuk ke bawah sadar mereka.
FINE TUNING
Beberapa pertanyaan yang muncul sebelum melanjutkan pembahasan diskusi.
  • Apakah anda memiliki tantangan dalam mendampingi tumbuh kembang anak? (Apakah anda bingung mencatat portofolio, membuat games, worksheet untk kegiatan anak-anak?)
  •  Apakah anda merasa ada tantangan dalam mengelola manajemen diri, keluarga dan komunikas/masyarakat? (Apakah anda bingung mengatur jadwal anda, Apakah anda bekerja untuk gadget atau gadget bekerja untuk anda?)
  •  Apakah anda inginbisa menadi perempuan yang produktif dalam kehidupan sehari-hari? (Apakah anda ingin teknologi membuat anda produktif, apakah anda ingin kecanggihan teknologi membawa anda menjadi produktif?)
  • Apakah anda ingin beramal memudahkan orang lain dalam menjalankan perannya? (apakah anda ingin beramal memudahkan orang lain untuk melakukan kebaikan?)
  • Apakah anda memiliki persoalan dengan jarak dan waktu? (Apakah anda memiliki persoalan emngatur waktu dalam beraktifitas dan bermasalah dengan jarak yang harus ditempuh untuk melaksanakan aktifitas-aktifitas anda?)
  • Bagaimana anda membayangkan interaksi dalam keluarga anda di masa mendatang? 
TEKNOLOGI UNTUK ANDA DAN KELUARGA
1. Mendekatkan yang jauh (Seringkali kita menyapa teman teman group di WA terlebih dahulu dan aktif di group group sosial lainnya, sementara anggota keluarga inti kita "tidak tersentuh")
2. Menata Waktu (Karena kecanggihan dan kemudahan tesknologi, sebenarnya harus membuat kita displin dengan waktu dan ketepatan waktu harus dijaga)
3. Menjaga Keluarga (dengan kemudahan teknologi ini pun sejatinya kita mampu memantau keluarga kita, memonitor perjalanan kegiatan anak anak kita dengan lebih mudah)
4. Mengelola interaksi antar keluarga (Ibu menyarankan untuk membuat group WA keluarga inti, karena ada kegiatan-kegiatan yang dikerjakan bersama, semakin banyak berinteraksi / ngobrol semakin paham satu dengan yang lain)

PIRAMIDAIBU PROFESIONAL
 
 
 
 
Ujung yang ingin diraih oleh Ibu profesional adalah NOBLE ATTITUDE (Menyempurnakan Akhlak) Seperti Rasululloh SAW yang diutus ke muka bumi untuk menyemprnakan Akhlak)
Di Komunitas Ibu profesional kita mempelajarai beberapa tahapan belajar seperti berikut ini:
1. HOW TO EDUCATE CHILDREN (Bunda Sayang)
2. HOW TO MANAGE FAMILY (Bunda Cekatan)
3. HOW TO BE CONFIDENCE (Bunda Produktif)
4. HOW TO CONTINUOUS IMPROVEMENT (Bunda Shalehah)
 #Di kelas bunda Sayang ini kita belajar mendidik anak anak kita dengan kecanggihan teknologi

PIRAMIDA ANAK
Sama seperti Piramida Ibu, maka pada Piramida Anak berujung pada NOBLE ATTITUDE
1. Intellectual Curriosity (Rasa ingin tahu yang besar)
2. Creative Imagination (Berfikir imajinasi)
3. Art of Discovery and Invention
 
Kelas BUNDA SAYANG yang kita kerjakan saat ini meliputi kegiatan-kegiatan:
1. Memahami perkembangan anak secara fisik maupun psikologis.
2. Memahami ilmu-ilmu tentang keterampilan dasar anak-anak, seperti melatih emosional, intelektual dan spiritualnya.
3. Melatih kemandirian dan life skill anak sejak dini
4. Memahami bahwa anak adalah cerdas
5. Memahami multimedia untuk bisa mengikuti perkembangan anak saat ini.
 
TEKNOLOGI PENDAMPINGAN ANAK
Berikut ini adalah teknologi apa saja yang memudahkan anak-anak belajar.
1. Class Dojo   2. Instructable.com   3. WolframAlpha     4. Learning page.com

TEKNOLOGI PENDAMPINGAN ANAK
1. Tentang Kurikulum dan pembelajaran 
www.puskur.net www.scholastic.com
2. Worksheet
www.learningpage.com www.enchantedlearning.com  www.teachers.net    www.ixl.com
3. Perkembangan anak www.babycenter.com
4. Emergency First www.kidhealth.com
5. Skype
6. Game: Avatar
 
MENSIKAPI TEKNOLOGI
  • Subjeknya adalah keluarga dan anggotanya; teknologi adalah media (jangan sampai teknologi menjadi subjeknya. Apakah kualitas penggunaan teknologi tersebut meningkatkah?
  • Memahami kelebihan, keterbatasan dan kelemahan teknologi (Kita harus berani mengambil sikap bahwa kita tidak akan bekerja  untuk laptop, atau gadget)
  • Memberikan landasan Mental dan spiritual yang kuat (Pastikan mental dan spiritual kita terjaga dan harus kuat dari hal - hal yang mudhorot karena penggunaan gadget yang berlebihan, gadget hanya menjadi media bukan segala-galanya. Salah satu pola yang bisa diterapkan di rumah adalah seperti menetapkan gadget hours)
  • Melatih pola pikir skeptik Kita harus memiliki rasa penasaran dan pertanyaan mengapa begini, mengapa begitu ketika menerima berita, melihat hal yang bombastis, jangan cepat kagum)
 
DAYA TEKNOLOGI
  •  Daya Pikat (Teknologi itu memang keren sekali, amazing)
  • Daya Desak (Kita mungkin akan membutuhkan teknologi karena merasa ketinggalan ilmu)
  • Daya Tumbuh (Tumbuh bersama demgan teknologi dan sangat berpengaruh pada kualitas hidup kita. Bila kita punya daya tumbuh, maka kita bisa berjalan bersama teknologi. Kondisi ini pula harus ada keseimbangan seperti adanya kegiatan kopdar, melihat yang hijau-hijau, anak-anak melihat langsung yang nyata)
KELUARGA MASA DEPAN KITA
  • Anda akan pilih yang mana?  tinggal di desa atau tinggal di kota (Kita harus mengetahui tipe keluarga kita seperti apa dan gunakan kekuatan teknologi untuk membersamainya)
TANTANGAN10 HARI
Cari tahu berbagai aplikasi / aplikasi yang bisa memudahkan para ibu dalam proses mendidik anak /memudahkan proses manajemen diri, keluarga dan komunitas / membuat para ibu jadi produktif /menambah amalan ibu untuk bisa makin bermanfaat bagi banyak orang
Satu hari, cukup cari tahu 1 teknologi/aplikasi, tautkan linknya, praktekkan dan tuliskan reviewnya.
Review bisa berupa tulisan/ foto / video

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
 
 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...