Kamis, 25 April 2019

Marhaban ya Ramadhan

SIAPKAN DIRI
RAIH MAGHFIRAH ALLAH SWT
DI BULAN PENUH BAROKAH


Ramadhan udah dekat aja ya, umur ku apakah akan mampu menghadirkan amalan-amalan yang akan menjadi tabungan kelak di akhirat.
Andai waktu Ramadhan itu panjang, tentulah aku akan buat kalender  alarm untuk tiap ibadah yang dikerjakan tepat waktu.
 
Aku pun tidak tahu apakah upayaku itu akan di terima Alloh dan Dia akan memberi ridhaNya. Berharap tiap langkah membawa keberkahan, tiap tindakan berbuah pahala dan tiap do'a pun pengharapan memberi manfaat unuk diri, keluarga dan lingkungan. Alloh maha Pemurah lah yang akan menilainya. Mari keluargaku, kawan-kawanku, handai taulan ku, tumbuhkan ghiroh dan gairah meraih kebaikan apapun di bulan Ramadhan, mari beri manfaat kepada mereka, mulailah dengan
niatkan hati untuk melakukan kebaikan lebih banyak di bulan penuh berkah.
 
Berat bila dipikirkan, berjibaku dengan rencana rencana ideal,  tapi apakah akan terbayar amalan amalan yang akan kita lakukan nanti. Hanya niat yang kuat dan rencana yang diupayakan agar terlihat buahnya kelak di bulan penuh fitri.
 
Bercermin dari event tahun lalu, banyak cerita yang dapat diambil pelajaran untuk perencanaan tahun ini. Jangan hentikan dan apalagi matikan harapan. Bila ini adalah kekuatan kita untuk menjadi hamba yang bertaqwa.
 
Berharap tahun ini akan jauh lebih baik dibanding tahun lalu; Tilawah, dhuha, tarawah, infak, berbagi ilmu, bertemu dengan  mengunjungi teman dan handai taulan, menyapa tetangga, membayar zakat dan tetap berdzikir mengingat Alloh. Ayo lebih baik!
 
Marhaban ya Ramadhan.

#withoutSchallenge


Ust. Noerhadi S.H.I, M.A.
Tarhib Ramadhan tahun ini disampaikan oleh Ust. Noerhadi S.H.I, MA yang diselenggarakan di kantor kami, Natioanl English Centre (NEC) mengangkat tema tentang 8 TIPS MENYAMBUT RAMADLAN. Di antara beberapa pertanyaan yang "membuat hati ini malu" karena merasa tersindir dan juga untuk mengingatkan diri tentang indahnya dan istimewa nya bulan Ramadlan, salah satunya adalah Sudah berapa kali kah kita melaksanakan shaum Ramadhan?, Sudahkah kita menyiapkan diri untuk menjalankan ibadah bulan puasa? sudah berapa lama kita menyiapkannya?

Diawali dengan ayat Al-qur'an Surah Al-Baqoroh: 183, maka beliau menjelaskan ke-8 tips menyambut bulan suci Ramadlan.
1. Mengulang kembali pelajaran-pelajaran yang berkaitan dengan puasa. Seperti rukun puasa, syarat syah puasa, syarat yang membatalkan, perkara-perkara sunnah dan makruh serta hikmah yang terkandung di dalamnya.
2. Persiapan rohani; yaitu menenangkan jiwa dalam menghadapi bulan puasa. Rasulalloh dan sahabat mempersiapkan kedatangan sejak enam bulan tersebut tiba.
3. Memperbanyak do'a sejak bulan ini (Rajab dan Sya'ban), semoga Alloh SWT memberikan kesehatan tenaga, kelapangan dan kesempatan mengerjakan puasa.
4. Menguatkan semangat untuk melaksanakan satu bentuk latihan dengan sempurna agar kita memperoleh predikat sebagai muttaqin.
5. Siapkan diri untuk menjalankan puasa dengan perkataan dan perbuatan yang baik dengan sepenuh hati serta ikhlas semata-mata karena Alloh SWT.
6. Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan yang memberatkan dan merugikan diri seperti belanja berlebihan, tenggelam dalam hiburan, membuang waktu dan melakukan perbuatan yang tidak mendatangkan faedah.
7. Sambutlah bulan Ramadlan dengan cita-cita dan azzam (tekad) yang tinggi dengan memperbanyak ibadah baik siang dan malam, ini diperlukan untuk melatih diri dan mensucikannya.
8. Ucapan tahniyah kepada saudara seiman. Diriwayatkan oleh Ahmad dan Nasa'i dari Abi Hurairah Radhiallahu 'anhu bahwa Rasulallah senantiasa menggembirakan para sahabat saat kedatangan bulan Ramadlan. Rasululloh menggembirakan sahabat dengan sabdanya, "Sesungguhnya akan datang kepada kamu bulan Ramadlan, bulan yang diberkati, Allah mewajibkan kamu berpuasa di dalamnya. Pada bulan Ramadlan dibuka pintu-pintu syurga, dikunci semua pintu neraka, dibelenggu semua syaitan. Di malamnya, ada satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa yang tidak memperoleh kebajikan pada malam itu, berartilah diharamkan baginya segala kebaikan."
 
Karyawan NEC menyimak Tarhib Ramadlan

Bersama Ust. Noerhadi


Semoga Allah memberkahi setiap langkah kita untuk mencapai keridla-anNya. Dengan mengucap basmallah, mari kuatkan tekad, raih keberkahannya. Aamiin ya Robbal 'alamiin.

#TarhibRamadlan1440
#NationalEnglishCentre
#April262019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...