Rabu, 01 Januari 2020

Jurnal Buncek Materi 1 Telur-telur

Jurnal Bunda Cekatan
Materi 1 Kelas Telur Telur
Rita Fithra Dewi

Mendapat siraman kuliah yang menyegarkan dari ibu Septi, mengingatkan saya tentang workshop Pandu 45. Pada saat itu ibu menyampaikan "Fokus pada kekuatan, siasati kelemahan"
Ibu Septi senantiasa mengingatkan kita untuk melakukan kegiatan yang membuat kita bahagia. Cara yang mudah untuk mengetahui apakah kita bahagia pada saat kita melakukan aktifitas adalah ketika merasa ringan, mudah, menikmati dan senang. Hal inilah yang membuat saya termenung sejenak dan kemudian mengingat-ingat apa saja yang sudah saya lalui sampai saat ini.

Semua yang telah terjadi selalu berkaitan. Salah satu contohnya adalah saya menjalankan profesi mengajar sudah sejak Zaman sekolah di Pesantren lanjut ketika kuliah dan sampai saat ini sebagai profesi. Saya senang mengajar bahasa Inggris karena saya bisa mengekspresikan kesukaan saya bernyanyi, bercerita dan tentunya berbicara.  Dua kegiatan terakhir biasa saya salurkan di rumah ketika saya bersama anak anak. Saat ini anak ke 4 saya yang usianya 19 bulan suka menari maka saya suka sekali bernyanyi saat bermain bersamanya atau bercerita apa saja dengan nada dan intonasi yang membuat dia tertawa.Selanjutnya pekerjaan saya sebagai pengajar dan menjadikan Karir  saya ini  menular pada 
 tugas kerja kantor lainnya yaitu menyiapkan Silabus ESP,  menyusun modul modul pembelajarannya dan membuat alat evaluasi. KEBIASAAN KEBIASAAN  ini menjadi kesukaan saya berikutnya karena saya merasa tertantang untuk memenuhi tugas kerja dan akhirnya menjadi
sebuah kesenangan sampai akhirnya bisa menyelesaikan 9 modul pembelajaran bahasa Inggris mulai level Basic sampai Advanced level (Nurse dan Midwife) serta level Intermediate (Hospital Staff,  Nutritionist, MLT, Pharmacist, Public health, Radiology technician dan Dental Therapist). Kegiatan kegiatan tersebut dilanjut dengan membuat laporan hasil belajar peserta didik yang mengasah keterampilan bahasa Inggris saya dalam kegiatan menulis. Walaupun saya belum bisa menulis sempurna tetapi amanah menjadi bagian penanggung jawab RISDEBANG  (Riset, Disain dan Pengembangan) membuat saya memberanikan diri membuat program setor artikel sederhana berkala  ke semua guru dan saya selalu berusaha mengaplikasikan program tersebut dalam kegiatan kerja harian saya. Yang menambah bahagia saya dari hasil mengajar adalah saya diterima menjadi Speaking examiner Cambridge Assessment untuk level YLE dan MS
Di antara kekuatan saya, saya tetap ingin mencari kebahagiaan lain di ranah domestik. Memperbaiki kesalahan kesalahan dalam pengasuhan dan mencoba mengaplikasikan komunikasi produktif dalam keluarga terutama dengan suami dan anak anak.




#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...