Rabu, 01 Januari 2020

Jurnal Buncek Materi 2 Telur Telur



Jurnal Bunda Cekatan
Materi 2 Kelas Telur Telur
Rita Fithra Dewi

Alhamdulillah, sudah masuk ke materi 2 Telur-telur. Pada jurnal sebelumnya, saya sudah 
memfokuskan
5 aktivitas yang membuat saya bahagia; yaitu:

  1. Mengajar bahasa Inggris
  2. Menyusun Silabus pembelajaran ESP (English for Specific Purposes)
  3. Menulis Laporan Kerja
  4. Mendongeng bersama anak
  5. Bermain bersama anak sambil bernyanyi

Dari 5 aktivitas di atas, saya membuat matriks keterampilan:

Penting dan tidak mendesakPenting dan Mendesak
  • Mengikuti workshop pelatihan menulis report writing
  • Mengunduh model model laporan kerja
  • Mengunduh model lagu anak anak
  • Mengunduh video cerita anak anak
  • Manajemen waktu dan manajemen gadget
  • Mengikuti pelatihan
  • Teknik mendongeng dan menyusun cerita
  • Teknik bernyanyi sesuai usia anak
Tidak penting dan tidak mendesakTidak penting dan mendesak
  • Workshop mendongeng
  • Latihan menulis laporan kerja yang sederhana sesuai target waktunya

Dari daftar aktivitas penting dan mendesak di atas, saya memilih 5 yang akan saya asah dalam 
waktu dekat ini, yakni:
  1. Manajemen waktu dan manajemen gadget. Inilah tantangan saya yang selalu membuat saya 
    lalai mengerjakan tugas tugas tepat waktu. Terkadang “deadline waktu” menjadi budaya saya 
    ketika harus menyelesaikan proyek pekerjaan atau ketika bersama keluarga. Kejadian  
    “asal jadi” atau “yang penting selesai” adalah hasil keterpaksaan saya menyelesaikan
     pekerjaan-pekerjaan rutin di kantor maupun di rumah. Walaupun saya merasa enjoy 
    mengerjakan pekerjaan pekerjaan saya tetapi saya harus memiliki komitmen untuk 
    menjadi pribadi lebih efektif dan efisien sehingga hasil kerja menjadi jauh lebih baik. 
    Begitu pun pada saat saya bersama anak, saya pun harus memiliki komitmen untuk 
    membuat waktu lebih efisien bersama anak dengan tidak terpaku pada pencarian dongeng 
    atau lagu via daring sesuai konteksnya. Yang terpenting pada saat saya bekerja, fokus pada 
    target dan menyusun poin poin apa saja yang harus diprioritaskan sehingga stress kerja 
    dapat dikurangi dan budaya menyelesaikan proyek tepat waktu bisa terlaksana. Kegiatan 
    saya bersama keluarga pun harus diusahakan pengaturan waktunya agar hasilnya lebih efektif.
  2. Mengikuti pelatihan. Pekerjaan saya sebagai pengajar bahasa Inggris harus selalu didukung 
    dengan pemutakhiran kompetensi dalam segala hal karena bila tidak diperbarui, maka bisa 
    saja terjadi kekeliruan yang menjadi ”habit” yang dapat menimbulkan masalah standarisasi
     yang sudah ditetapkan.
  3. Selama ini saya biasa mendongeng dalam kelas bahasa Inggris, kebiasaan ini terbawa 
    ke rumah dan tidak sengaja membuat hal tersebut disenangi anak saya yang berusia 19 bulan.
    Yang harus saya tingkatkan keterampilan mendongeng nya adalah pada saat saya 
    menyampaikan cerita yang sederhana dan dipahami anak saya yang baduta. Untuk anak 
    yang lebih besar (10 tahun dan 8 tahun) biasanya saya menjawab pertanyaan mereka 
    dahulu baru kemudian memberikan cerita yang mengajak mereka berdiskusi.
  4. Teknik bernyanyi untuk anak baduta berbeda dengan teknik bernyanyi untuk anak anak yang 
    lebih besar. Tujuan saya bernyanyi sebenarnya untuk memperkenal kan kosa kata bahasa
     Indonesia kepada Syahira (19 bulan). Gerak dan gaya menyanyi pun saya perlihatkan, agar 
    dia mengetahui benda yang saya tunjuk dengan lagu yang sedang saya nyanyikan. Banyak ilmu 
    yang harus saya tingkatkan untuk memperbaiki kegiatan yang sudah saya lakukan selama ini. 

#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...