Sabtu, 22 Februari 2020

Berbagi pengalaman mengajar public speaking

Banyak cara belajar bahasa Inggris agar lancar dan dapat dipahami orang lain. Di antara empat keterampilan berbahasa Inggris yaitu Membaca (Reading), menyimak (Listening), berbicara (Speaking) dan menulis (Writing), maka prioritas utama target pembelajaran bahasa Inggris untuk kelas yang saya latihkan di kelas English for Specific Purposes (ESP) adalah berbicara (Speaking).

Saya mengajar bahasa Inggris untuk pembelajar dewasa di kelas kesehatan. Target target pembelajaran mulai dari level Foundation, Basic, Pre Intermediate, Intermediate, Pre Advanced, Advance dan TOEFL memiliki tahapan penguasaan bahasa yang berbeda tetapi berkesinambungan.


 Khusus pembelajaran SPEAKING yang mengacu pada public speaking, Mahasiswa di level Intermediate memiliki tugas akhir membuat pameran kesehatan yang isinya mempromosikan tentang kesehatan kepada masyarakat umum. Pada persiapannya, mereka harus memiliki keterampilan membuka presentasi (Opening stage), menjelaskan materi (Main stage) dan memberi kesimpulan serta menutup presetasi (Closing stage). Untuk menguasai tiga tahapan tersebut, mahasiswa harus meguasai teknik dan ungkapan bermanfaat (Useful expressions) pada saat menyampaikan topik kesehatan dalam bahasa Inggris sederhana. 

Beberapa target bahasa yang harus dikuatkan pada diri mahasiswa adalah Percaya diri (Self confidence), lancar (fluency) dan akurat (Accuracy). Untuk membangun kepercayaan diri mahasiswa, mereka dikelompokkan dalam satu group dan ditugaskan untuk melatih bagian bagian presentasi dengan topik yang sederhana. Ungkapan ungkapan bahasa Inggris yang sudah dilatihkan dikelas membantu mereka menyampaikan bahasa pengantar pada saat membuka, menjelaskan dan membuat kesimpulan. Tambahan keterampilan presentasi yang dilatihkan adalah ekspresi wajah (facial expression), bahasa tubuh (Body language) dan gestur (gesture).

Selain keterampilan berbicara, mahasiswa pun berlatih membuat leaflet dan poster sebagai alat bantu pada saat memberikan presentasi. Persiapan yang panjang ini dipantau dan dimonitor langsung oleh pengajar sehingga pada saat presentasi, mereka siap dan tidak bingung menyampaikan materi sesuai topik kelompok masing masing.

Berikut contoh kegiatan Public speaking mahasiswa FIK UMJ.
https://www.facebook.com/rita.fithradewi/videos/10214459234176538/

REFERENSI:

1. John Christopher maher. International Medical Communication. Edinburgh: Edinburgh University Press. 1990
2. www.publicspeakingproject.org


#janganlupabahagia
#jurnalminggu6
#materi6
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional


Mahasiswa bersama penguji
Mahasiswa bersama para penguji, fasilitator dan karya mereka

Mahasiswa bersama Penguji (Perawat)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...