Jumat, 27 November 2020

ZONA E #2 Jurnal Kontribusi

MENGUKUR KEKUATAN MEMBANGUN KEMANDIRIAN MENUJU IBU PROFESIOANL YANG PRODUKTIF DAN MEMBERIKAN MANFAAT UNTUK SEKITAR

Rita Fithra Dewi/2020013119200920

Jurnal Kontribusi

Jurnal E #2

Senin, 30 November 2020

 


 

Memulai sesuatu dengan semangat untuk menjadi lebih baik, ternyata membutuhkan usaha dan kerja keras agar konsistensi target yang akan diraih dapat diselesaikan dengan baik dan tetap pada jalur yang sudah dirancang dan dilaksanakan dengan runut dan menghasilkan kemajuan yang dapat diukur oleh kemampuan dan penilaian diri sendiri. 

Dari keempat aktifitas yang sudah saya sampaikan di empat jurnal terdahulu, ada beberapa hal yang menggelitik saya dan membuat saya semakin bersungguh sungguh menjalankan project passion co housing 13 (2). Saya pun ambil peran bergabung di Hexagon city melalui Hexalink, Youtube Hexagon, FBG Hexagon city, Hexa market juga IG untuk mendapat informasi cepat dan akurat.

Passion saya ada di bidang bahasa Inggris. dengan keilmuan saya, saya memiliki cukup pengalaman di dunia pengajaran bahasa Inggris. Ketika memilih literasi dan bahasa Inggris, saya menemukan sesuatu yang ternyata saya terlewat di bagian literasi, dan melalui co housing ini saya mendapat ilmu baru yang segar yaitu literasi dan membacaka nyaring. Saya mendapat hal yang kebetulan dan sesuai dengan bidang bahasa Inggris. Saya bisa merambah ke bidang lain dalam lingkup Literasi dan memodifikasinya dengan kemampuan bahasa Inggris saya. Di project passion kami, saya ambil peran untuk melatih karakter konsisten dan mengaplikasikannya di kegiatan kegiatan yang mendukung project passion pun  di kehidupan sehari hari.

Untuk mencapai target pribadi dan co housing kami, saya melatih diri dengan mengumpulkan informasi tentang Literasi dan membaca nyaring melalui kegiatan membaca. Kemudian saya pun melatih diri menulis artikel pendek sebagai bagian dari rencana projek besar co housing kami yaitu membuat buku. di sisi lain saya pun mencoba teknologi yang mendukung kegiatan read aloud yaitu merekan suara melalui podcast (anchor) dan zoom. Walaupun saya buta di bagian editing video tetapi saya memiliki kemauang keras untuk belajar bagaimana membuat video sederhana dan mengikuti kegiatan pelatihan yang di fasilitasi oleh tim Resource Hexagon city.

Dari semua kegiatan di atas, bila saya boleh kelompokkan, maka kegiatan habitasi saya yang baru tersebut saya kelompokkan dalam 4E; yaitu Easy (mudah). hal yang mudah untuk saya adalah mengumpulkan sumber bacaan melalui mesin pencari otomatis (pdf drive) juga halaman Google, serta membaca buku buku yang mendukung tentang literasi dan kegiatan membaca. E yang kedua (Enjoy). di bagian ini saya menikmati membaca nyaring melalui podcast atau zoom dan berlatih membedakan suara agar isi cerita nya mengasyikan pemirsanya. E berikutnya adalah Excllent. Di bagian ini, saya mampu berbagi ilmu saya dalam bentuk pngajaran dan saya siap berbagi dengan siapa saja yang membutuhkan bahasa Inggris. Di bagian E terakhir yaitu Earn. Saya berharap apa yang kami upayakan di co housing 13 (2) terwujud dalam mempersembahkan karya yaitu buku dan video read aloud. 

Semoga apa yang saya laksanakan saat ini, dapat memberi kontribusi untuk diri sendiri, keluarga warga hexagon city dan lingkungan sekitar saya. Ilmu ilmu lain yang harus saya cari adalah ilmu ilmu seputar literasi, Read aloud dan teknologi yang akan merealisasikan impian saya dan co housing. Bersama kita bisa, Bisa itu akan terwujud bila kita melakukannya bersama sama.



#Hexagonia

#ContributiontoNation

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...