Senin, 08 Februari 2021

Zona O #1 Open Space

 Zona Open Space #1

Rita Fithra Dewi

NIM 2020013119200920

BECOME A BUTTERFLY: GETTING NEW EXPERIENCE FOR THE NEXT MOVE


 

Zona Open Space adalah wilayah bebas bagi para Hexagonia memberikan manfaat melalui pengalaman dan ilmu mereka sesuai passion dan kapasitas nya masing masing. Di wilayah ini pula mereka menunjukkan gagasan, strategi, pendekatan sampai tip dan trik sebuah kegiatan atau jasa atau karya. "Berlomba-lombalah dalam kebaikan:, itulah yang namoaknuya menjadi semangat para Hexagonia untuk berbagi dan saling memberi manfaat. Tidak menutup kemungkinan, saya pun akan mengambil peran sebagai host atau presenter sesuai dengan kapasitas dan paasion saya di dunia pendidikan bahasa Inggris. Berlepas dari siapa pun yang akan berkenan mengikuti acara saya nanti, paling tidak, saya ingin membagikan ilmu saya kepada teman teman seluas luasnya.Zona ini pun menjadi bagian dari peran saya memilih acara mana saja yang akan menambah ilmu dan pengalaman saya dan pekan ini saya memilih menjadi BUTTERFLY. 

Peran Butterfly, sesuai yang dijelaskan ibu Septi, menjadi daya tarik saya untuk memaksimalkan pilihan berbagai kegiatan yang tersebar di Hexa media dan menyeleksi acara mana yang benar benar saya butuhkan, Alhamdulillah, acara yang saya pilih itu sangat cocok dengan peran saya nanti sebagai presenter. Saya mengikuti Virtual Conference Teh Ricca Nourma dari CH Public Speaking tentang "SERBA SERBI LIVE STREAMING"

 


Saya memiliki pengalaman mengajar online melalui platform Zoom Cloud meeting, Google meet dan Microsoft Team. Persiapan untuk mengudara dan bertatap maya bersama para mahasiswa seperti layaknya seorang pengajar yang harus menyiapkan materi dal;am bentuk slide presentation, Canva flyer, Game online sampai penyiapan audio dan visual untuk mendukung materi pembelajaran. Pada saat "Live", pun saya sudah terbiasa bercuap cuap mulai dari ice breaking, sosialisasi, menjelaskan materi, bermain online game, praktek bahasa sampai menilai Role Play mahasiswa berpasangan, Jamterbang yang saya miliki pun sudah terbilang cukup lama, yaitu selama masa pandemi, yaitu sekitar 11 bulan. Dari sanalah saya memiliki percaya diri yang baik karena saya merasa sudah menguasai panggung, walauun para mahasiswa tidak memasang Camera pada saat KBM berlangsung. Lancarnya kegiatan mengudara saya memberi kesimpulan bahwa, saya sudah sanggup menjadi pengajar profesional. 

Seiring perjalanan saya bersama Hexagon City dan Zona Open Space membuka peluang menunjukkan kemampuan public speaking, maka Virtual conference pertama saya yang saya pilih adalah SERBA SERBI LIVE STREAMING, dengan harapan saya akan mendapatkan ilmu bagaimana berhubungan dengan media Live Streaming. Setelah mengikuti acaranya selama satu jam, maka saya pun mengambil kesimpulan bahwa persiapan live streaming itu ternyata memiliki beberapa kegiatan yang akan mendukung suksesnya acara tatap maya kita.

 Pertama, kegiatan tatap maya akan sukses bila kita mempersiapkan beberapa hal. yaitu persiapan materi, persiapan alat, beautifying, video pendukung, platform. Teh Ricca pun membagikan rumus Sukses Live Streaming ala Ricca: Internet stabil, percaya diri, well prepared, latihan dan mantra live straming nya adalah: KAMERA MU ADALAH TEMAN CURHAT MU"


Acara yang dihadiri 50 peserta memberi wawasan baru bagi saya tentang persiapan sebelum Acara baik materi dan peralatan serta ilmu teknologi live streaming yang akan memberika sukses serta kemampuan public speaking yang baik akan memberi kesan baik terhadap pemirsa dan saya merasa terpana dengan penampilan 'eye catching" teh Ricca beserta pendukungnya, dan saya sebagai bagian dari pemirsa mendapat gambaran jelas walaupun harus berlatih menyiapkan dan mempraktekkan aplikasi yang tersedia di live streaming agar keluwesan teknologi dapat menyeimbangkan kesuksesan acara saya nanti.

#HexagonCity
#Hexagonia
#Zona Open Space
#KuliahBundaProduktif
#InstitutIbuProfesional   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...