Selasa, 22 Juni 2021

Kelas Bunda Salihah: Welcome to green campus

KELAS BUNDA SALIHAH:

SELAMAT DATANG DI KAMPUS HIJAU


 

Ingat kampus ingatan saya kembali ke kampus terakhir saya menimba ilmu. Di Universitas Indraprasta PGRI, saya   mengikuti pendidikan S2 dan jurusan yang diambil adalah Pendidikan Bahasa Inggris, Pasti kamu bisa menebak jurusan saya sebelumnya kan? Betul saya lulus S1 bahasa Inggris dan berkarir sebagai pendidik bahasa Inggris non formal. Kegiatan sehari hari saya adalah instruktur bahasa Inggris dan menjadi dosen tamu di beberapa kampus kesehatan yang bekerja sama dengan National English Centre, tempat saya mencurahkan ilmu dan pengalaman mengajar. 

Suka duka sebagai pendidik  sudah saya selami semasa kuliah di D3 bahasa Inggris. Pengalaman pertama mengajar malah sudah didahului pada saat saya belajar di pesantren PERSIS 69 dan terlibat dengan dunia anak anak. Pengalaman mengajar Iqra, baca tulis Alqur'an hingga pelajaran agama lain menjadi ingatan serta pengalaman berharga yang kelak menjadi bekal saya mengajar di tingkat lebih tinggi seperti MTs (SMP), SMA dan mahasiswa. Liku liku mengasah ilmu pun terpatri ketika saya terjun dan bekerja bersama teman teman senior di lembaga National English Centre. Dari sinilah saya mengembangkan diri tidak hanya sebatas sebagai guru bidang studi tetapi langkah demi langkah terus maju sampai akhirnya saya mendapat amanah unruk menyusun modul modul bahasa Inggris untuk tujuan khusus (English for Specific Purposes).

There is always a way to move ahead and show your work. Mungkin kalimat itulah yang menunjukkan jalan saya di peta Ibu Professional yang menuntun saya mulai dari awal hingga saat ini berada di kampus Hijau; kelas Bunda Salihah. Bertepatan dengan situasi era Pandemi yang seolah olah memberi jalan lain untuk mengasah kemampuan soft skill seluruh mahasiswi nya, saya pun merasa tertantang untuk mampu menguasai keadaan, lincah terhadap perubahan dan tetap semangat mendapat ilmu dan pengalaman yang berhubungan dengan teknologi.  Sungguh, perjalanan ini menjadi mediasi saya untuk mendalami "passion" saya di bidang bahasa Inggris yang sudah saya tekuni selama lebih dari 20 tahun, 

Malu juga kepada diri sendiri, mengapa ilmu dan pengalaman belum sampai ke taraf berbagi untuk berbagi (passion of sharing knowledge). Selama ini pun saya hanya menjadi guru atau facilitator di kelas yang bertugas membagi ilmu dan menyelesaikan target belajar. Selebihnya, saya memang sudah berbagi ilmu karena saya menjadi pelatih bahasa Inggris untuk para guru Bilingual dan ESP. Selanjutnya adalah PR besar yang harus dicanangkan dari sekarang melalui kelas Bunda Saliha ini agar Passion of sharing knowledge bertambah berkah dan banyak kalangan yang dapat menikmati bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa asing yang wajib dikuasai di dunia pendidikan, usaha dan industri, 

Tidak ada kata terlambat untuk berbagi karena saat inilah waktu yang tepat untuk menjadi Ibu pembaharu, walau berat dengan kata pembaharu karena amanah yang harus dilaksanakan memiliki indikator yang luas serta memberi kebaikan kepada sesama, tetapi saya yakin dengan mengikuti kelas Bunda Salihah, langkah saya menambah motivasi untuk berbagi dapat direalisasikan secara bertahap, tersistem dan yang pasti terlaksana. Hasil bisa dilihat terakhir, yang penting adalah proses belajar mandiri dan terstruktur hingga semua hal yang dibutuhkan dapat terlaksana dengan baik.

Selamat datang di kelas Bunda Salihah, Saatnya menunjukkan kemampuan yang jauh lebih baik hingga kita dapat dan layak menjadi Ibu Pembaharu dari rumah untuk dunia. Semua yang akan dikerjakan akan terlihat hasilnya bila kesungguhan, motivasi, serta semangat untuk belajar dan meningkatkan kemampuan adalah bagian dari rangkaian belajar di bunda Salihah, 

#Ibuprofesional

#KelasbundaSalihah#1

#June212021

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...