Rabu, 29 November 2017

GrabYourImagination#10Day1

Tantangan Level #10
Hari # Ke-1
Bunda Sayang
30 November 2017


  Memiliki anak perempuan ABG, buat saya, harus rajin - rajin dan sabar mendengar cerita-ceritanya, keluhannya, keinginannya, dan yang paling penting memahami apa yang dimauinya.

Berkaitan dengan tantangan level 10 ini, tugas saya harus mampu menjadi teman dan sahabat untuk tetap memahami apa yang diinginkannya. Seperti pagi ini, ketika saya menyetrika kerudung untuk keperluan sekolahnya, Teteh Shafira tiba-tiba mulai membuka pembicaraan. 

"Mamah, mamah tahukan mamanya Zeeges, temen sekelas aku?"
"Iya, mama tahu dan pernah ngobrol pada waktu ambil raport UTS, Kenapa teh?"
"Kata Zeeges, mamanya belajar agama Islam juga mah", dengan mata takjub dia menyampaikan sesuatu yang membuatnya terkejut?
"Memangnya menurut teteh,  kalo Mamanya Zeeges belajar agama Islam apa dia terus masuk Islam,?", Terus bagaimana keluarganya?". Tiba-tiba ide muncul dibenak saya, "Teteh, ingat cerita sahabat nabi yang bernama Umar bin Khattab?"
Dengan mata berbinar dan penuh semangat dia langsung mengungkapkan sesuatu dari pikirannya. "ya, aku ingat, Umar bin khattab, pernah berantem sama adik perempuannya, gara-gara adiknya masuk Islam". Sesaat kemudian, "Tapi, kenapa dia harus marah terus bikin susah hidup adiknya ya?", saya kemudian merespon pertanyaannya, "teteh kan tahu agama mereka sebelum Islam datang dan nabi Muhammad menyebarkan Islam?" Mereka sangat teguh sama agamanya dan kalo ada yang keluar atau murtad maka dia harus rela dapat hukuman. Begitu juga sahabat Umar, Dia malu kalo anggota keluarganya masuk Islam, karena dia pribadi menentang keras ajaran nabi Muhammad". 
Pembicaraan menjadi agak melebar,"Bilal bin rabah juga disiksa mah sama majikannya, terus dibeli Abu Bakar", tambahnya masih dengan semangat 45. 
Sebelum mengakhiri obrolan pagi kami, saya menutup dengan menyampaikan sesuatu, "Teteh, kalo teteh bertemu dengan orang orang non muslim dan mereka terbiasa dengan ungkapan-ungkapan agama Islam, jangan terpengaruh ya, karena kata kata itu sudah biasa kita sampaikan dan mereka pun bisa dengan mudah menyampaikannya", Dia langsung membalas, "Ya mah, temanku Timoty pake  ngomong Allohu Akbar pas ada guru yang ngomong sesuatu". "Aku juga tahu mah, mereka udah biasa ngomong begitu",

Demikiannlah obrolan kami yang tidak sengaja dan sangat sesuai dengan tantangan level 10. Apalagi anak ABG yang dapat informasinya gampang banget melalui sosial media serta pergaulan teman teman sekolahnya. Semoga ini awal yang baik dan menjadi alat serta salah satu cara efektif memberi edukasi tanpa harus menggurui apalagi memaksakan kehendak.

#Tantangan10hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#Grabyourimagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...