Selasa, 07 November 2017

ThinkCreative#9Day3

TantanganLevel#9
Hari # ke3
Bunda Sayang
November 7 2017

 
 Sehari hari saya bekerja sebagai pengajar bahasa Inggris untuk mahasiswa kesehatan di beberapa kampus yang bekerjasama dengan lembaga kami (National English Centre) dari beberapa Prodi yang saya masuki, ada satu prodi yang buat saya perlu  banyak persiapan sebelum mengajar. Prodi ini adalah prodi S1 Gizi. Tugas saya di level Tinggi ini (Pre Advanced) harus mampu membuat mahasiswa terampil menyampaikan pendidikan kesehatan yang berhubungan dengan gizi. Pada saat saya bingung bagaimana mengembangkan materi, maka yang terbentik di kepala saya adalah "SPEAKING", maka saya coba buat teknik mereka membuat suasana di mana mereka menghadapi klien dengan kasus masing-masing. Di mulai dengan menjelaskan tentanp prinsip -prinsip etika Konseling, beserta contoh-contohnya, kemudian dilanjut dengan tip tip konseling yang efektif serta memberikan contoh-contoh ungkapan bahsa Inggris yang membantu mahasiswa mengembangkan percakapan. Dengan harapan berjalan mulus, Alhamdulillah, mahasiswa terlihat nyaman dengan penjelasan saya dan terhibur karena saya menunjukkan ekspresi wajah, nada bicara dan gaya saya ketika memberikan contoh contoh ekspresi dalam bahasa Inggris. Pada tataran praktek, mereka diminta bekerja berdua (in pairs) menentukan kasus dan berlatih tiga tingkatan komunikasi dengan beberapa panduan yang saya sampaikan. Alhamdulillah, mereka sebenarnya mahasiswa-mahasiswa yang baik dalam berbahasa Inggris, hanya saja mereka masih menjadi "Reflective" Spakers. Mereka hanya akan berbicara ketika ditanya, dan ketika merespon pun, mereka akan menggunakan bahasa Inggris dengan sangat hati-hati.
Paling tidak hari ini, saya mendapatkan ide strategi mengajar untuk Prodi lain selain Bidan dan perawat yang membutuhkan banyak bacaan serta pengembangan topik pembelajaran.

#Tantangan10hari
#Level9
#KuliahBunSayIIP
#ThinkCreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...