Selasa, 05 Desember 2017

GrabYourImagination#10Day4

Tantangan Level #10
Hari # Ke-4
Bunda Sayang
5 Desember 2017

 Kehebohan malam ini yang terjadi di rumah adalah ketika Shafira (anak sulung) yang sedang mengerjakan tugasnya. Saya tersentak karena dia memulai dengan kalimat, "Mamah tadi sore aku malu banget!". "Lho, ada apa teh, kok tiba-tiba teteh malu banget, memang teteh dapat nilai jelek?". Sanggahnya, "Gak, mah. Aku ngalamin kejadian yang bikin malu waktu aku waktu pake Gojek tadi sore di sekolah!" "O.. begitu", "Bagaimana kejadiannya teh?",
Mulailah dia bercerita tentang kegiatan sepulang sekolah, menemani temannya piket kelas, kemudian sambil menunggu temannya selesai bertugas, dia pesan Gojek dengan fasilitas GoPay. Sekilas tidak ada masalah dengan pemesanan Gojek dan sesaat kemudian dia mendapat telepon dari pak Gojek untuk tempat penjemputan. "Saya turun ya pak, bapak tunggu di dekat pos Satpam ya pak", Kemudian sang driver menjawab, "Ya udah neng, saya pake helm hijau dan motor hijau Honda Beat ya. Saya ada di dekat belokan pos Satpam". "ya pak, Trims ya". Jawaban Shafira menutup pembicaraannya. Tak lama setelah saya menyimak penjelasan ceritanya, "Terus yang bikin teteh malau yang mana ya teh?", masih penasaran dengan ceritanya, saya mendengarkan kembali lanjutan ceritanya. "Yang bikin malu tuh mah, waktu aku lihat ciri ciri yang dikasih tahu drivernya terus aku langsung nemu motornya dan langsung aku ajak dia berangkat. "Ayo pak, saya sudah siap ke Utan kayu ya pak!, Eh tapi bapaknya malah diam aja mah, terus aku bilang buru-buru, "Ayo pak, kita pergi sekarang!", jawaban drivernya malah beda mah, "Maaf neng, Salah driver ya?", "Aku bingung, kok salah ya mah, padahal aku udah telpon balik dia trus aku lihat dari jauh dia juga lagi pake HPnya ," "Aku pikir dia lagi nerima telpon aku, eh... tahunya bukan, Aku malu banget mah, Ternyata, drivernya ada di belakang dia dan dia ngelambaian tangan sambil teriak, "Neng, di sini neng drivernya!"  Saya yang dengar cerita dia cuma cengar cengir aja, dan bertanya, "teteh, tanya dulu gak ke drivernya; namanya, ngecek no polisi motornya terus sama destinasinya?" jawabnya, "Gak mah, soalnya aku udah lihat ciri-ciri yang drivernya udah kasih tahu sebelumnya, pake helm hijau dan honda beat hijau".
Sambil senyum - senyum saya memberi nasihat sedikit kepadanya. "teteh, ada pepatah bahasa Inggris, Think before you leap!, disiapkan dulu apa yang mau dilakukan sebelum dilaksanakan". Kasus yang bikin teteh malu itu bisa jadi teteh terlalu terpaku sama penjelasan si driver di awal, padahal teteh harus ngecek beberapa hal ke driver sebelum naik motornya". "Contohnya, Bapak Mahardika, bukan?, setelah itu cek No. Polisi, kalo gak sama ditanya dulu, "Pak, No. polisinya kok beda?", terus setelah itu teteh harus memastikan tujuan yang akan teteh tempuh, "kita ke Utan kayu ya pak!" Kalo udah pasti, baru teteh minta helm dan naik motornya ya, jadi teteh gak malu karena cuma punya informasi yang belum pasti atau jelas". 
Kemudian saya lanjutkan penjelasan berikutnya. "Dari kejadian tadi sore, teteh udah dapat pelajaran ya, jika teteh pesan Gojek lagi, tiga pertanyaan yang tadi harus diingat dan ditanyakan sebelum naik gojek",  
Alhamdulillah, dia menyadari kekeliruannya dan tidak mau mengulangi kejadian itu karena malunya ketika banyak driver yang memperhatikannya dan senyum-senyum melihat dia salah driver.

#Tantangan10hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#Grabyourimagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...