Jumat, 08 Desember 2017

GrabYourImagination#10Day7

Tantangan Level #10
Hari # Ke-7
Bunda Sayang
8 Desember 2017

 PERSIAPAN LATIHAN MANASIK HAJI

Fattah Aziz Supiar (6 tahun) akan mengikuti kegiatan sekolah berupa manasik haji yang direncanakan pada tanggal 21 Desember 2017 bersama teman-teman TK B dan para guru yang akan menemani. Salah satu persiapan yang harus dibawakan oleh si anak adalah batu batu untuk melempar jumroh yang berjumlah sekitar 27 buah sebesar bola kelereng. Topik lempar jumroh inilah yang kemudian saya buat untuk mengajak dialog rentang alasan adanya lempar batu ketika   melaksanakan ibadah haji.

"Ade, hari ini kita sekolah yuk, trus mama mau ketemu bu Yuli, bu gurunya ade, mama mau tanya cara buat batu batu untuk lempar batu"  Saya memulai membangunkan Fattah dan mulai mengelap bagian wajah, badan dan kakinya sambil memakaikan baju sekolah.
"lempar batu mah?", "Iya de, nanti ade latihan manasik hajinya juga lempar batu.", tambah saya, "Tahu gak ade, kenapa ade latihan melempar batu?"
"Kenapa mah?", Ya, de karena itu bagian dari ibadah haji atau umroh." "Bu guru cerita gak kenapa ade nanti lempar batu?". "Emang kita mau lempar orang ya mah?" Buru buru saya memnjelaskan, "Bukan melempar batu ke orang Ade, kita lembar batu ke arah Yang sudah ditentukan dan itu ada ceritanya kenapa kita melempar batu?"
Mulailah saya bercerita tentang Nabi Ibrohim sambil mengantarnya menuju sekolah. Dahulu ketika Nabi Ibrahim digoda oleh Syetan, Dia tidak tergoda, kemudian Syetan mencoba menggoda Istrinya, siti Sarah, tapi gagal terus Syetan juga coba ganggu Ismail, Tetap Ismail, anaknya Nabi Ibrahim gak terganggu. Syetan terus saja menggoda mereka, sampe sampe Nabi Ibrahim dan istri juga anaknya memutuskan untuk melempari batu ke arah setan itiu sampe matanya rusak."
"Kalo kita lempar batu ke orang boleh mah?", "Tidak boleh de, itu tidak sopan. Nanti orang yang kena batu jadi terluka dan dia marah ke Ade". "Lempar batu yang dilakukan nabi Ibrahim dan keluarganya karena mereka sudah kesal dengan perbuatan  syetan yang terus terusan ngengoda mereka. 
Alhamdulillah, saya menceritakan kisah jumratul aqobah dengan tetap berusaha menggunakan bahas yang dia pahami.


#Tantangan10hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#Grabyourimagination

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...