Senin, 08 Januari 2018

PentingkahMembangkitkanFitrahSeksualitasAnak#11Day3

Tantangan Level #11
Hari # Ke-3
Bunda Sayang
8 Januari 2018

 Semakin ramai ruang diskusi yang terjadi kemarin malam tentang Fitrah seksualitas. Kali ini yang mendapat giliran memaparkan hasil diskusinya. Group 3 yang digawangi oleh mba Widya Arya dan mba Kartini menjelaskan tentang bagaimana kita mendidik anak untuk menghindari pelecehan seksual dan Latar belakang dr paparan tersebut

1. Banyaknya kasus pelecehan seksual pada anak
2. Untuk mencapai tujuan akhir dari membangun fitrah seksualitas pada anak
3. Mengajarkan Anak Melindungi Diri dari Kekerasan Seksual.
Adapun rangkuman yang bisa saya sampaikan di sini adalah fokus pembahasan yang mengerucut dan menitikberatkan pada antisipasi orang tua melalui pendidikan seks kepada anak anak. Poin poin berikut ini dapat saya simpulkan:
1.1. Mengajarkan agar anak sadar akan Bahaya Pelecehan Seksual
A. Mengajarkan kepada anak tentang anatomi tubuhnya. Bagi saya, ini adalah bagian pendidikan yang saya berikan kepada anak anak ketika mereka belajar buang air sendiri, mandi sendiri, cuci tangan, menggosok gigi, atau berpakaian.
B. Mengajarkan kepada anak mengenai batasan. Setelah anak diajarkan dan mengetahui anatomi tubuh mereka, maka pendidikan berikutnya adalah melatihnya untuk memahami Batasan. 
Batasan yang dimaksud dalam pembahasan ini berkaitan dengan mana saja yang harus ditutup, mana yang boleh disentuh, mana saja yang tidak boleh disentuh, siapa saja yang boleh menyentuh area anggota tubuh  mereka. Pada awal pengenalan batasan ini, saya membiasakan anak anak saya berpakaian menutupi auratnya. Untuk anak perempuan saya, misalnya dulu saya akan memberikan celana panjang, bukan rok. Kalaupun dia menggunakan rok maka dia saya pakaikan celana panjang. 
C. Mengajarkan anak mana sentuhan yang baik dan yang tidak baik.
Sentuhan sayang orang tua seperti ibunda akan terasa lembut dan nyaman ketika menemani anak anaknya tidur. Sentuhan yang tidak baik adalah sentuhan yang membuat anak tidak nyaman atau ada ungkapan yang membuat anak anak merasa takut seperti mengancam.
D. Mengajarkan anak mana yang termasuk pelecahan seksual.
Sentuhan pelecehan seksual adalah jenis - jenis sentuhan yang membuat anak anak takut, cemas atau gelisah dibagian bagian tubuh privat.
Mendapatkan penjelasan diskusi semalam, membuat saya harus lebih waspada dan bekerja lebih keras lagi untuk mengantisipasi resiko yang berbahaya kepada anak anak juga kepada lingkungan sekitar.


Referensi :
1.            https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/ajarkan-anak-lindungi-diri-dari-kekerasan-seksual/
2.            https://www.ayahbunda.co.id/balita-tips/lindungi-anak-dari-kejahatan-seksual
3.            http://id.theasianparent.com/pendidikan-seks-dalam-perspektif-islam/
 
#Tantangan10hari
#Level11
#KuliahBunSayaIIP
#PentingkahMembangkitkanFitrahSeksualitasAnak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...