Senin, 05 Februari 2018

keluarga Multimedia#12Day3

Tantangan Level #12
Hari ke #3
Bunda Sayang
6 Februari 2018

KIDS ZAMAN NOW BELAJAR BAHASA INGGRIS SENDIRI

 http://www.cambridge.org/elt/connect2e/connectarcade/

Perkembangan teknologi membawa perubahan besar bagi kami di rumah. Semenjak kami memutuskan measang internet pada sebuah provider, otomatis banyak kegiatan kegiatan kami didominasi dengan gadget atau televisi. Masing masing asyik dengan  aplikasi atau sosial media yang membuat kami bertambah "jauh". Salah satu contoh nyata dari kemudahan teknologi yang memanjakan kami terjadi pada anak perempuan saya yang mengandalkan google untuk menyelesaikan PR nya. Saat ini dia berada di SMP kelas 7, dan setiap tugas tugas yang diberikan para guru di sekolah kecuali Bahasa Inggris dikerjakannya melalui bantuan google. Satu sisi, saya terbantu dengan kondisi tersebut, tetapi pada sisi lain hal tersebut malah jadi Boomerang bagi saya karena dia keberatan bila harus membaca buku pegangan dari sekolah. Setiap ada PR pasti dia akan bertanya pada google yang jawabannya pasti sudah tersedia semua dan yang lebih buruk lagi adalah kebiasaan "COPY PASTE" dari hasil pencarian tanpa dibuat ringkasannya dalam bahasa yang dipahaminya sendiri. 

Sementara itu, pada pelajaran Bahasa Inggris, kebetulan, saya memiliki interaktif program yang dapat melatih kemampuannya di sekolah. Ada beberapa hal yang saya pertimbangkan mengapa saya memilih program tersebut untuk dilatihkan kepada anak saya:
  • Nama  program "CONNECT" yang diterbitkan Cambridge University Press.
  • Isi (konten) materi pembelajaran yang mendekati topik-topik pelajaran disekolah (SMP).
  • Ada 4 tingkatan yang diberikan; Buku 1 (Merah), Buku 2 (Biru), Buku 3 (Hijau), Buku 4 (Ungu
  • Program ini berisi latihan latihan mandiri yang terdiri dari grammar, Speaking (Berbicara), Listening (Menyimak), Writing (Menulis) serta Reading (Membaca).
  • Program ini pun dilengkapi dengan Report (laporan) hasil kerja user (pengguna)


Dari sekian banyak buku-buku untuk program bahasa Inggris yang tersebar di dunia maya, ada yang menyediakan program interaktifnya di internet. Walaupun tanpa buku pegangan, program Connect ini paling tidak membatu para orang tua (terutama saya) untuk mengarahkan anak dalam pemanfaatan teknologi yang berhubungan dengan pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Anak anak ABG pun bisa belajar sendiri karena materi nya dimulai dari yang paling mudah dan familiar dengan lingkungan sekitar.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...