Senin, 12 Februari 2018

KeluargaMultimedia#12Day8

Tantangan Level #12
Hari ke #8
Bunda Sayang
12 Februari 2018

 https://play.google.com/store/apps/details?id=com.expensemanager

Pada awalnya, saya menggunakan cara manual untuk mengatur keuangan bulanan. Dana tiap bulan yang saya terima dari suami, saya kelompokkan ke dalam beberapa bagian. Bagian pertama adalah pengeluaran rutin seperti pembayaran  PAM, PLN, Indihome (Internet),  kartu Halo, Iuran sampah, Iuran Sekolah anak anak, uang kas kelas, belanja bulanan ke Tip Top, Uang jasa mengasuh, cuci gosok, antar jemput, sampai uang arisan.
Bagian kedua adalah budget pendanaan harian, seperti belanja sembako, Gas, air isi ulang, dan bekal jajan anak-anak. Bagian ketiga adalah biaya tak terduga, biasanya berhubungan dengan infak/shodaqoh untuk menjenguk yang sakit, atau hal lain yang perlu dibantu.

Data yang biasa saya tulis biasanya akan saya kalkulasi per minggu, sambil mengecek sisa uang yang ada dan alokasi yang harus disiapkan sampai akhir bulan. Terkadang biaya terduga datang ketika anak sulung minta diisikan pulsa data atau pulsa telpon, atau keperluan sekolah yang harus dipenuhi seperti kebutuhan prakarya atau keh=giatan SBK serta pramuka.

Kemudian saya coba cari aplikasi yang berhubungan dengan pembiayaan, sekitar setahun yang lalu. Salah satu aplikasi yang saya coba adalah Expense Manager. 
Walau agak rumit diwal karena harus mengetahui pin apa saja yang bisa dipilih, tetapi sedikit banyak dapat mengurangi kegagalan pelaporan karena lupa atau terlewat.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...