Minggu, 11 Oktober 2020

WRITOBER#3 Nihil

 ZERO COMPLAINT? HARUS BERBANGGA ATAU TINGKATKAN TERUS PRESTASI?



"....terus di sela-sela ngobrol, salah satu mahasiswanya bilang bahwa "alhamdulillah puas banget dengan bahasa inggris kemarin karena kami diajari perlahan-lahan sampai kita semua akhirnya mengerti, termasuk soal pemakaian google classroom yang kita semua baru kenal, dipandu cara menggunakannya sampai kita paham, alhamdulillah sekali, makanya kita kemarin merasa puas dengan bahasa inggris, karena kita sadar juga bahwa kita ini agak gaptek, jadi ya senang, gitu" 


 

Potongan-potongan komentar di atas adalah ungkapan kepuasan klien terhadap layanan pengajar selama pembelajaran di kelas. Yang terasa ketika mendapatkan ungkapan ungkapan itu seperti diberi hadiah impian yang tidak pernah terlintas sebelumnya di benak. Di satu sisi, kita akan merasa puas dengan prestasi kerja kita karena balikan dari klien memuaskan. Di sisi lain, apakah ini akan menjadi kebanggaan yang bisa berbuah petaka di kemudian hari karena lalai dengan kekurangan yang muncul dan lebih memilih posisi aman karena memperoleh "Zero Complaint". Berdasarkan pengalaman kerja saya di NATIONAL ENGLISH CENTRE, ada beberapa hal yang bisa kita siasati agar kinerja kita terus meningkat dan tidak berhenti karena pandemi saat ini.

INISIATIF

Ini adalah bagian kreatifitas saya untuk tetap menunjukan kinerja maksimal dengan terus mencari ide dan menuangkannya dalam bentuk pengajaran. Sebagai contoh, Ketika kelas private bahasa Inggris ramaja selesai, saya berinisiatif untuk melengkapi  hal hal ayang berkaiatan dengan kelas, sehingga dapat dipasarkan dan dibuat singkat agar pembelajar bisa mengambil beberapa paket secara berulang. Walau banyak masukan dari beberapa pihak, saya yakin program online ini dapat diterima masyarakat yang membutuhkan bahasa Inggris untuk para remaja. 


KUALITAS

Mendapat zero complaint adalah target kami di bidang jasa, tetapi berbagai keluhan yang saya terima pun akan menjadi peluang peluang baru untuk meningkatkan mutu layanan dan pembelajaran sehingga para klien menikmati belajarnya secara maksimal. Mencapai mutu terbaik perlu perjuangan tetapi bukan berarti seabrek keluhan menghentikan kinerja saya untuk memperbaikinya. 


TERBUKA

Kerjasama adalah kunci kesuksesan sebuah program kerja. Bila kita terbuka dan berkenan berbagi ilmu, ide, serta pengalaman maka istilah Zero complaint akan disiasati dengan cara yang lebih baik dan diselesaikan dalam kerja tim. Keterbukaan ini dapat dibangun dengan komunikasi produkti di wilayah koordinasi dan saling mendukung serta menghargai kinerja masing masing serta memahami gaya kerja setiap individu di dalamnya.


Tidak mudah mmepertahankan kualitas tanpa diiringi kerja cerdas, karena target Zero complaint hanya bisa terjadi bila semua lini produktif dan nilai kepuasan pelanggan mendapat rating tinggi. Pembelajaran yang dapat kita ambil dari program jasa seperti pelatihan bahasa Inggris adalah memberikan layanan paripurna tanpa lupa memperbaiki kekurangan dan tidak terlena oleh pujian.



#Writober2020

#RBMIPJakarta

#Nihildalamtulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...