Minggu, 11 Oktober 2020

WRITOBER#4 Pagi


PAGI-PAGI : PASTIKAN TARGET OPTIMAL UNTUK TATAP MAYA YANG MAKSIMAL

 


 Kejar Tayang Biasa,

Klien bahagia, rasanya Luar biasa

Jauh sebelum pandemi terjadi, saya biasanya pergi ke kampus untuk mengajar dengan memanfaatkan aplikasi Ojek Online. Di samping mudah memesannya, saya pun masih punya waktu sekitar 20 menit untuk menyiapkan materi pembelajaran di kelas.Tepat pukul 08.00 WIB, saya membuka kelas dengan salam dan menanyakan kondisi mahasiswa sambil memeriksa daftar hadir. Perjalanan mengajar 100 menit di kelas pagi pun tidak terasa dan saya harus bersegera menyelesaikan tugas karena mahasiswa harus bersiap dengan materi selanjutnya.

Setelah pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan pemberlakukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) di bidang Pendidikan, maka pembiasaan saya pun berubah total. Semua kegiatan terjadi di satu tempat, dan persiapan materinya pun dibuat dalam bentuk daring. Beberapa catatan yang saya dapatkan selama catur wulan pertama dari PJJ ini adalah kesiapan Materi dan Koneksi internet. Tantangan pembuatan materi, penguasaan teknologi untuk mendukung target pembelajaran serta strategi apa saja yang harus disiapkan bila koneksi internet bermasalah pada saat pengajaran berlangsung. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki pengajar agar Kegiatan Belajar Mengajarnya menarik adalah seperti pengalaman saya selama ini adalah sebagai berikut:

Melek Teknologi

Kita harus mampu memanfaatkan teknologi berbasis internet ke dalam kegiatan mengajar tatap maya. Suka atau pun tidak, penggunaaan media penghubung anatara pengajar dan pembelajar dapat memudahkan kedua belah pihak menerima pesan dengan bail. Aplikasi seperti Zoom, Microsoft team, Google meet, misalnya memberikan beberapa fasilitas tambahan bagi pengajar untuk berbagi materi saat menjelaskan sebuah topik, memperdengarkan audio untuk melatih keterampilan menyimak (Listening), juga. 



Menggunakan Aplikasi Pendukung

 Bila kita dapat memanfaatkan aplikasi aplikasi pembelajaran pada kegiatan tatap maya, maka kita sudah bisa memberi warna lain ketika berbagi dan memberikan pembelajar kesempatan untuk mendapatkan pengalaman pengalaman berbeda di setiap pertemuannya. Aplikasi aplikasi yang dapat kita buat dan berikan di kelas seperti Google Classroom, Kahoot!, Quizez, Wordwall, Canva Flyer, Power Point, Audio, Video, Youtube Channel, Google Form

 Semakin banyak kita memanfaatkan aplikasi di kelas dan memadukannya dalam kegiatan tatap maya, maka akan semakin kaya kita membagikan ilmu dengan berbagai cara. Practice makes progress itu bisa kita dapatkan bila kita mngizinkan diri kita untuk mencoba dan mempraktekannya di kelas.

Flyer Kegiatan Kelas untuk mahasiswa baru

Flyer Canva ini membantu kita memberi pesan kepada pembelajar dalam bentuk menarik. Walau pun terlihat sederhana, tetapi tampilanya memberi warna lain ketika kita kirimkan di group WA kelas. Tujuan Flyer yang saya buat ini adalah untuk memberikan rencana apa saja yang akan dilaksanakan di kelas pada pertemuan pertama



Aplikasi Wordwall untuk quiz 

Ini adalah aplikasi Worwall yang menyenangkan karena pembelajar dapat mengerjakannya sebagai sebuah kompetisi dari kegiatan review. Di sisi lain pengajar bisa memberikan "control mouse" nya kepada pembelajar untuk megerjakan soal soal secara bergantian.

 

 

 

 

 

Strategi Pembelajaran Tatap Maya

Secara umum, pegajaran diberikan dalam tiga langkah; seperti pembukaan, kegiatan utama dan penutup. Di antara ketiga langkah tersebut, Sosialisasi, brainstorming, atau bermain menjadi variasi pembelajaran agar peserta didik tetap nyaman walau belajar melalui tatap maya. Intonasi naik turun suara pengajar, keceriaan ketika berbicara dapat menyemangati kelas untuk berpartisipasi dalam tanya jawab atau simulasi. Intermezzo, pun dapat membangkitkan keseruan belajar.

Warna warni masa pandemi buat saya memberi celah untuk berkreasi sesuai kemampuan saya dan kebetulan passion saya di bidang pengajaran maka, akan selalu ada "Wow momen" dan ilmu yang bertambah baik di bidang pengajaran maupun teknologi nya. Kelas pagi pun bisa tetap optimal karena persiapan yang baik untuk target tatap maya yang maksimal


#Writober2020

#RBMIPJakarta

#Pagidalamtulisan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...