Rabu, 14 Oktober 2020

WRITOBER#6 Senandika

 MENEBAR MANFAAT:

BERBAGI IDE DAN PENGALAMAN ITU MENYENANGKAN

 

 

medium.com

 

Pengalaman menjadi pengajar itu banyak sekali kelebihannya. Selain menjaring hubungan yang lebih luas, kita dapat berbagai kenangan yang mewarnai perjalanan kerja kita ke depan. Berbagi ilmu ternyata tidak hanya diberikan kepada peserta didik saja, kita pun bisa mengajak rekan sejawat untuk bersama sama menyelsaikan sebuah program pembelajaran sehingga hasil yang diharapkan jauh lebih baik. Ini yang sudah saya dapatkan ilmunya di bunda cekatan, tempat saya mendapatkan pencerahan dan pengalaman untuk berbagi dan memberi manfaat di program Mentor - Mentee. Saya sebagai mentor, misalnya dapat mengajak mentee saya membantu mengembangkan kebutuhannya agar lebih baik dan maksimal, tugas saya tidak memberi materi melainkan berdiskusi tentang apa saja yang mentee butuhkan, mengarahkan dan memberi motivasi dan akhirnya Mentee menemukan apa yang menjadi prioritasnya saat ini. Di sisi lain, ketika saya menjadi Mentee, maka saya pun akan melakukan hal yang sama bersama mentor saya, semua target, rencana, proses kemajuan atau kemunduran menjadi bagian diskusi dan semuanya dikembalikan kepada saya sebagai mentee, apakah akan terus maju atau memperbaiki dahulu atau berhenti karena ada yang menghalangi saya mencapai target diawal. Saat selesai menjalankan program tersebut, saya merasa ilmu ini pun harus bisa saya tularkan di sekitar saya dan saya pun ingin merasakan hasil dar program tersebut bila saya dapat merealisasikannya.

Benar saja, perasaan yang muncul itu akhirnya terwujud dengan adanya kondisi saat ini. "Kita harus kerja cerdas, begitu yang disampaikan pimpinan", maka jadilah saya mengambil peran ini dengan menggandeng salah satu rekan kerja yang diberikan tugas baru untuk mmebuat program pengajaran online Bahasa Inggris untuk remaja. Alhamdulillah, saya tidak menemui kesulitas, karena ilmu yang saya dapatkan di program Mentor 0 mentee pun saya aplikasikan di sini. Semua rekaman disimpan dan planning serta eksekusi pekerjaan sudah diatur dengan monitoring setiap minggunya. terlebih lagi, program ini menggelitik saya untuk melakukan hal yang sama bersama rekan kerja yang lain untuk membuat sebuah program dengan strategi mentor mentee. 

Tentunya, saling memahami dan mengerti passion masing masing, saya yakin program Mentor -Mentee yang saya lakukan bisa ditularkan kembali ke lingkungan kerja saya yang jangkauannya lebih luas, sehingga target yang sudah ditetapkan dapat denagn mudah di telusuri dan di tinjau ulang bila ada beberapa hal yang harus diperbaiki segera. Metode sprint pun saya masukkan dalam bagian program Mentor Mentee ini karena target perusahaan yang harus selesai cepat daakurat serta tepat waktu. Keterbukaan kedua belah pihak juga menjadi bagian penting agar tantangan yang menghadang dapat di selesaikan bersama. Ini kerja bersama, dan bersama itu menjadi lebih baik bila kita memiliki peta dan perencanaan, hingga kita dapat menjalani targetnya satu persatu.

 

#Writober2020

#RBMIPJakarta

#Senandikadalamtulisan

 

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Keren mbak, program mentor-mentee-nya bisa dimanfaatkan juga untuk di tempat kerja. Jadi pinisirin dengan program online-nya

    BalasHapus

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...