Jumat, 16 Oktober 2020

WRITOBER#8 Wastra

 WARNA WARNI LITERASI: 

MENGUBAH DIRI MENJADI LEBIH BAIK

 


Saya tidak terlalu peduli dengan makna literasi yang saat ini meluas ke ranah lain. Awalnya saya hanya tahu kata literasi itu artinya bisa membaca dan menulis. Ya, sebatas itu saja pemahaman saya, Seiring perkembangan dunia saat ini, ternyata makna literasi itu memiliki aneka makna seperti yang diinfokan sevina.com.

Kini ungkapan literasi memiliki banyak variasi, seperti Literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi sekolah, dan lain sebagainya. Hakikat ber-literasi secara kritis dalam masyarakat demokratis diringkas dalam lima verba: memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks. Kesemuanya merujuk pada kompetensi atau kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis.

inilah yang saya pahami tentang literasi masa kini.  Sudah saatnya kita menerima warna warni makna literasi dalam setiap sisi kehidupan kita. Kemampuan inilah yang harus dikuasai saat ini, yang juga akan memberi manfaat dan menghasilkan karya produktif dalam bentuk yang lain. Kelebihan yang kita miliki sekarang adalah kemudahan akses untuk mendapatkan informasi seputar ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, bahkan hiburan gratis dengan fasilitas internet. Kemudahan kemudahan inilah yang seharusnya menjadi warna berbinar binar mata kita untuk produktif berkarya untuk manfaat lingkungan sekitar. Tanpa keluar rumah pun, kita bisa menghasilkan produk, karya, event yang beraneka aga sesuai kebutuhan pasar.

Strategi yang penting agar makna literasi di atas terjaga adalah dengan mengizinkan diri kita terbuka untuk terus belajar, berkembang, berbagi, bermanfaat dan berdampak. Seperti kain batik yang memiliki ciri khasnya dari bebagai daerah tetapi tetap memiliki identitas jelas dengan keunikan dan mutu yang baik serta terjaga keberadaannya terus menerus di masyarakat.

https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/


#Writober2020

#RBMIPJakarta

#Wastradalamtulisan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...