Selasa, 22 Desember 2020

#5 Menulis untuk berbagi manfaat

 BERBAHASA INGGRIS : BAHASA GLOBAL YANG MEMBUKA KESEMPATAN MAJU SELANGKAH


Setiap pribadi bisa memberi manfaat kepada siapa saja tidak sebatas kepada orang orang sekitar, juga kepada alam yang di dalamnya ada aneka ragam makhluk ciptaan Allah SWT. Manfaat pun bisa kita tebarkan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita juga berdasar ilmu yang kita miliki. Saat nya berbagi bukan berarti menyumbangkan materi saja. Berbagi bisa dalam bentuk waktu, tenaga juga ilmu. Apa pun ilmu yang kita miliki sepanjang kita mau berkontribusi untuk tujuan kebaikan, maka jalannya pun akan selalu ada. 

Saya juga ingin berbagi dengan ilmu yang saya miliki, dan ilmu itu adalah bahasa Inggris. Sebaiknya, bahasa asing yang satu ini sudah biasa kita praktekkan karena lingkungan internasional yang masuk ke sisi sisi kehidupan sehari hari baik di ranah publik maupun domestik. Tantangan yang masih sama seperti 10 tahun yang lalu adalah bagaimana mengaplikasikannya di kegiatan kita baik di rumah maupun di tempat umum. Sementara itu persaingan kerja luar biasa terasa karena tuntutan kemampuan bahasa asing menjadi persyaratan dan mungkin menjadi bahasa kedua untuk kelancarannya komunikasi bisnis, pendidikan, perbankan atau yang lainnya. Kesiapan menjadi pertanyaan bagi calon calon lulusan apakah mereka benar benar memiliki kepercayaan diri dan siap bersaing secara kemampuan intelektual,keterampilan teknologi dan juga komunikasi dalam bahasa asing.

Berbagai alasan bisa jadi benteng penghalang siapa pun untuk meraih target bahasa asing. Apakah ini akan terpelihara dalam diri setiap kita dan kita lebih banyak mengalah dengan keadaan dan menerima pekerjaan yang sebenarnya bisa bersaing sehat dengan masyarakat dunia lain. Jadi bagaimana tantangan ini harus kita taklukkan?

Beberapa hal yang harus dperhatikan adalah kita memiliki motivasi positif untuk belajar bahasa Inggris. cara dan tekniknya pun bisa beragam variasinya dan yang terpenting dari motivasi dan teknik nya adalah mempraktekkan bahasa Inggris melalui aneka fasilitas; mulai dari praktek berbahasa Inggris dengan kelompok, mengajak teman teman untuk ikut kegiatan berbahasa Inggris. Hal lain untuk mengekspresikan bahasa Inggris bisa kita tuangkan melalui tulisan, merekam suara dengan rekam video atau rekam suara, membaca informasi dalam bahasa Inggris. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membiasakan berbahasa Inggris adalah dengan bergabung dengan komunitas, mengikuti pelatihan atau kursus bahasa Inggris atau memilih mentor atau fasilitator yang menjadi media berbagi ilmu.

Saatnya memutuskan untuk memulai. Buang rasa malu dan kata tidak bisa dalam pikiran kita. Practice makes progress, akan terwujud sepanjang kita bersungguh sungguh untuk menunjukkan komitmen dan konsisten dan terus menerus meningkatkan semua usaha untuk mencapai tujuan. Selamat memulai, tidak ada yang terlambat, semua akan menuai sukses selaras dengan usaha dan upaya yang dilaksanakan dalam prosesnya.

#Ayomulaimenulis

#Kuatkanmenulis

#SatuharisatuTulisan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

WFH Year #1

 UNEXPECTED EVENTS It's not about how long you dedicate yourself to show your best performance. It's all about how you put and treat...